Selasa, Februari 10, 2009

Pahri; Perusahaan Harus Tingkatkan Keselamatan Kerja Untuk Menunjang Berobat Gratis


Langkah Bupati Musi Banyuasin, H Pahri Azhari untuk terus memperhatikan kesejahteraan warganya tidak berhenti hanya pada pelayanan gratis seperti berobat gratis, sekolah gratis atau sembilan layanan gratis lainnya. Secara nyata, Pahri juga langsung turun untuk meyakinkan bahwa semua factor pendukung layanan gratis berjalan bersama. Ini dibuktikan dengan himbauannya yang tak pernah putus terkait dengan keselamatan dan kesejahteraan para buruh. Secara tegas Pahri menyatakan bahwa managemen perusahaan yang beroperasi di Muba harus ikut melindungi para karyawan. Caranya meningkatkan keselamatan dan kualitas kesehatan para pekerja.

Langkah ini diambil sekaligus untuk menegaskan sikapnya atas kerjasama antara Pemkab Muba dengan perusahaan swasta. Seperti yang sudah dijalankan sebelumnya yaitu pembentukan stake holder community development.

Selain menghimbau, Pahri juga menyatakan kegembiraannya karena saat ini sebanyak lima perusahaan yang beroperasi di Musi Banyausin tercatat tidak mengalam kecelakaan (zero accident). Penerapan keselamatan kerja nol persen yang terjadi pada tahun 2008 ini memotivasi seluruh perusahaan di Muba untuk berpacu mengurangi atau meniadakan kecelakaan kerja sekaligus meningkatkan keselamtan kerja. Meski begitu orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini berharap pada tahun 2009 ini ada peningkatan minimal hingga 11 perusahaan yang terdaftar hingga berstatus zero accident.

Lima perusahaa zero accident adalah PT Medco LPG, PT MBI, PTPN VII, PTP Unit Tasa, PJD UBT Lais. Perusahaan ini bergerak di bidang perkebunan dan kigas. Total angka keselamatan kerja di perusahaan Muba saat ini sudah berad di bawah angka nasional yang mencapai 50 %.

Demikian penyampaian Bupati Muba H Ahri Azhari pada peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Kabupaten, Kamis kemarin di Sungai Lilin. Pahri juga berharap agar seluruh perusahaan dapat mempertahankan paling tidak terus di bawah target nasional yang saat ini mampu menurunkan 50 persen angka kecelakaan kerja. Pahri bersyukur karena hingga saat ini capaian keselamatan kerja MUba secara umum cukup bagus. Dalam sambutannya di depan seluruh perusahaan yang hadir Pahri juga meminta peningkatan kesejahteraan pekerja lewat peningkatan taraf kesehatan.

Dalam acara ini juga digelar lomba melukis poster bertema lingkungan hidup yang diikuti oleh seluruh siswa SD di Muba. Selain itu juga diperagakan kesigapan tim pemadam kebakaran dalam menanggulangi kebakaran.

Tercatat pemenang bipartite award adalah PT MBI, PT MSA dan PT Hindoli. Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh H Pahri Azhari didampingi Ketua DPRD Muba H Sulgani H Pakuali dan GM PT Hindoli Anthony Yeow.

Selain itu sejumlah perusahaan dan Pemkab Muba menggelar lomba ketangkasan penanganan kecelakaan kerja. Perlombaan berupa treasher hunt, cofine space, safety mars, safety pidato, dan safety kuis.---Humas Pemkab Muba--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar